13 puskesmas di Solo rusak, Pemkot tak punya anggaran

13-puskesmas-di-solo-rusak-pemkot-tak-punya-anggaran

Sebanyak 13 puskesmas dan puskesmas pembantu di Solo, dalam kondisi rusak. Selain dimakan usia dan harus dibangun ulang, sejumlah puskesmas lainnya membutuhkan perbaikan. Data di Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menyebutkan dari 13 puskesmas tersebut 5 di antaranya mendesak dilakukan perbaikan, sedangkan 9 puskesmas lainnya merupakan puskesmas pembantu juga mengalami hal sama.

Kelima puskesmas tersebut di antaranya, Puskesmas Gilingan, Purwodingratan, Purwosari dan Penumping dan Puskesmas Kratonan. Dari 5 puskesmas itu, hanya satu yang bisa dibangun, yakni Puskesmas Kratonan dengan anggaran Rp 2,5 miliar.

Ini proyek lanjutan, kami targetkan tahun 2016 selesai. Yang lainnya mungkin baru bisa dibangun 2016, ujar Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, di Solo, Kamis (18/12).

Siti menambahkan perkiraan anggaran untuk pembangunan 5 puskesmas mencapai Rp 12,5 miliar. Dengan anggaran satu puskesmas Rp 2,5 miliar. Pihaknya masih membutuhkan dana Rp 10 miliar untuk pembangunan 4 puskesmas lainnya. Menurut Siti, pembangunan puskesmas tersebut baru bias dilakukan tahun 2016 mendatang, lantaran keterbatasan anggaran.

Sementara itu untuk 9 puskesmas pembantu, Siti menerangkan Puskesmas Pembantu Minapadi, Kembroyang, Clolo, Makam Cilik, Karangasem, Timuran, Danukusuman, Joyosuran dan Semanggi I. Perbaikan 9 puskesmas tersebut juga tidak bisa dikerjakan pada 2015 lantaran keterbatasan anggaran. Menurut Siti pengurangan kucuran dana alokasi khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat yang berimbas pada pembangunan Puskesmas tidak bisa dilaksanakan.

Kami sudah memiliki DED [detail engineering design] untuk pembangunannya. Estimasi anggaran untuk pembangunan kami perkirakan Rp 700 juta per satu unit. Tahun 2016 mungkin baru bias kita bangun, katanya.

Iklan

Penulis: kangjum

My name Jumadi arya pratama I am from Indonesia Greetings for all the companion piece of paper wherever located

2 thoughts on “13 puskesmas di Solo rusak, Pemkot tak punya anggaran”

silahkan komentar disini :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s